Di Balik Rahasia Kebiasaan Merokok Habib Abdullah Alattas Keramat Empang Bogor

362

Baldatuna.com – Al-Imam al-Quthb al-Aqthab al-Habib Abdullah bin Muchsin Alattas Maula Kramat Empang Bogor mempunyai kebiasaan merokok. Menurut Habib Abdurrahman bin Ahmad Assegaf, guru penulis, berkata, “Habib Keramat Bogor, Habib Abdullah bin Muchsin, itu merokok. Dan rokoknya adalah rokok kawung.”

Pernah satu kali murid beliau, Habib Ali bin Abdurrahman al-Habsyi Kwitang, mengunjunginya. Waktu itu Habib Abdullah bin Muchsin Alattas baru saja mendapat hadiah rokok mahal dari pembesar Belanda. Melihat kedatangan Habib Ali ke Empang Habib Abdullah Alattas sangat senang dan berkata sambil memberikan hadiah untuk sang murid, “Ya Habib Ali, ini rokok mahal buat engkau.”

Mau tidak mau Habib Ali harus menerimanya lalu ia taruh di kantong karena tidak merokok. Lalu Habib Abdullah bin Muchsin berkata, “Ya Habib, mata ini kalau tidak karena rokok melihat manusia akan apa adanya. Mungkin kalau tidak merokok akan jadi susah manusia menemuiku. Supaya mereka bisa bertemu saya, ya saya begini(merokok).”

Hal (tingkah) para wali Allah memang ada yang suka merokok. Namun selesai merokok mereka akan cuci tangan dan memakai wangi-wangian. Lebih-lebih kalau ingin buka kitab, mereka sampai menempelkan minyak wangi di bibir mereka.

Pernah satu kali ada yang datang untuk membaca kitab pada Habib Abdurrahman Assegaf. Sewaktu beliau duduk orang tersebut disuruh berwudhu. Setelah berwudhu orang tersebut disuruh pakai minyak wangi dan beliau berkata, “Itu mulut ente masih bau rokok, pakein biar wangi. Ente ini mau baca kitab ulama bau rokok begitu. Biar hormat ente sama ilmu yang ditulis oleh ulama biar dapat barokahnya.”

Dishare dari: Ustadz Antoe Dzibril/Syaroni As-Samfuriy via Pustakamuhibbin.club




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *